Kemanakah guru TIK berlabuh?
Setelah dihapusnya mapel TIK dalam K-2013, inilah 3 wacana bagi guru2 eks TIK:
1. Dikembalikan ke basic pendidikannya. Kelebihannya: antara bidang
tugas dan latar belakang pendidikan linier, kenaikan pangkat lancar.
Kekurangannya: harus menempuh sertifikasi ulang (PPG, PLPG, KKT) dan
kemungkinan harus berebut jam pelajaran dengan guru mapel sejenis.
2. Dialihkan sbg guru mapel lain (prakarya). Kelebihannya : jml jam
prakarya sama persis denga jml jam TIK di KTSP, sehingga tidak mengubah
komposisi jam dan guru, kekurangannya : filosofi prakarya dan TIK jauh
berbeda, shingga sulit bisa profesional. ada anggapan grade guru TIK
akan turun tajam jika mengajar prakarya. Kenaikan pangkat juga bisa
terhambat karena bidang tugas dan latar belakang pendidikan tidak
linier.
3. Dimutasi ke SMK TI/TKJ.
Kelebihannya: tidak menempuh sertifikasi ulang. kekurangaanya: jumlah
jam SMK TI/TKJ sangat sedikit dibanding jumlah guru TIK, sehingga tidak
semua eks guru TIK bakal tercover di SMK serta bagi guru TIK yg
ijazahnya tidak TI, kenaikan pangkat bisa terhambat.
4. Dibentuk
wadah Pusat Teknologi Pendidikan di sekolah yang bertugas membantu guru
dalam menyiapkan pembelajaran berbasis TI. Kelebihannya : grade guru TIK
meningkat dari ngajar murid menjadi ngajar guru, sejalan dengan
keharusan semua guru harus menguasai TI guna menjalankan K-2013,
penyebaran guru TIK sudah merata di tiap sekolah, sehingga tidak terjadi
distribusi antar sekolah. Kelemahannya: belum ada regulasinya, dasar
hukum pembayaran TPP belum ada, tidak semua guru TIK siap mental untuk
mengajari orang dewasa.
Kita tunggu aja..??
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar Anda membangun kami.